4 Destinasi Gua Yang Jarang Di Ketahui Wisatawan di Kalimantan

Gua adalah sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa dia harus cukup besar sehingga beberapa bagian di dalamnya tidak menerima sinar matahari; namun dalam penggunaan umumnya pengertiannya cukup luas, termasuk perlindungan batu, gua laut. Berikut gua yang terdapat di kalimantan yang jarang di ketahui wisatawan :

Goa Mulut Besar

Inilah menariknya ketika kamu akan berkunjung di Desa Wisata Kampung Merasa, sebelum masuk desanya saja kamu sudah disambut objek wisata yang akan mebuatmu takjub dibuatnya. Goa Mulur Besar atau Goa Kelelawar namanya. Goa ini memiliki pintu yang cukup besar dengan tinggi 10 meter dan lebar 20 meter. Meskipun pintu goa cukup besar, tapi dalamnya lumayan gelap, seperti senter menjadi peralatan yang wajib kamu bawa. Suguhan ornamen dinding goa yang terbuat berjuta-juta tahun lamanya begitu indah untuk dipandang. Goa ini hampir setiap sudutnya dipenuhi oleh kelelawar, jadi menggunakan alas kaki dan juga masker juga cukup wajib kamu kenakan. Hanya saja objek wisata di Kalimantan Timur ini cukup banyak coretan dari para alay yang tidak bertanggung jawab dan tidak tahu pentingnya menjaga kelestarian alam.

Goa Permata

Kecamatan Talisayan semakin lengkap destinasi wisatanya yang tak hanya menyajikan pesona pantai serta kawasan konservasi hiu tutul di perairan Talisayan saja. Tetapi adanya goa vertikal yakni Goa Permata semakin menjadikan Kecamatan Talisayan sebagai daerah wisata, tepatnya berada di Kampung Capuak. Untuk memasuki goa mungkin kamu harus menggunakan tali dan menuruninya dari atas, cukup menantang memang. Selain itu untuk spot fotografi juga sangat keren, apalagi siluet cahaya dari mulut goa yang diatas memantulkan cahaya yang cukup keren untuk sebuah karya fotografi.

Goa Senginau

Sepertinya kamu tak perlu jauh-jauh ke Pulau Maratua jika hanya untuk menikmati cave tubing di Goa Aji Mangku. Kamu hanya perlu mengunjungi Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih yang juga memiliki spot untuk cave tubing, yakni Goa Senginau. Goa yang memiliki aliran sungai di dalamnya sangat menarik memang untuk ditelusuri. Dan sudah pasti kamu juga bisa berenang maupun menyelam dengan bebasnya di Goa Senginau. Objek wisata di Kalimantan ini memang saat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan apalagi lokasinya juga cukup berdekatan dengan Telaga Biru Tulung Ni Lenggo yang tengah menjadi primadona di medsos yang mampu menyaingi keindahan Labuan Cermin.

Goa Sembat

Tak hanya Goa Aji Mangku saja yang ada di Pulau Maratua, tetapi masih adalgi goa yang lokasinya di tengah hutan tropis Pulau Maratua, yakni Goa Sembat. Sedikit hampir sama dengan Goa Aji Mangku yang memiliki di dalam goanya, hanya saja di Goa Sembat lebih sempit tapi memiliki kedalaman yang lumayan yakni sekitar 3 meter. Untuk mngunjungi objek wisata di Kalimantan Timur ini kamu harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari Desa Bohe Silian. Tapi dijamin kamu tak akan merasakan kelelahan, karena suguhan hutan yang masih alami serta fauna monyet yang cukup langka bisa kamu jumpai selama perjalanan.

 

Anda mungkin juga suka...