Destinasi Menarik Dari Wisata Lava Bantal

Lava Bantal merupakan objek wisata eksotis yang berlokasi di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DIY. Objek wisata ini diberi nama Lava Bantal karena saat Gunung Merapi meletus, tempat ini menjadi salah satu daerah yang terkena dan menampung muntahan lava pijar merapi.

Mengenal Lava Bantal

Salah satu bagian paling menarik yang bisa dilihat di objek wisata Lava Bantal adalah aliran sungai Watuadeng. Aliran sungai yang pernah menjadi aliran lava Gunung Merapi ini memiliki aliran air yang luar biasa jernih, segar, dan bersuhu dingin.

Wisata Lava Bantal sesungguhnya merupakan kawasan geo heritage. Lava Bantal menjadi sebuah penanda akan petualangan ke masa 60 juta tahun lalu. Bisa jadi, tempat ini adalah peninggalan sejarah terbentuknya Pulau Jawa. Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal.

Ada hal yang menarik di Wisata Lava Bantal, yakni tentang batuan yang berbeda warna antara yang di kanan dengan yang di kiri. Perbedaan warna batuan ini membuat para ahli dari beberapa universitas di Jogja melakukan penelitian.

Itulah awal dibukanya tempat Wisata Lava Bantal. Saat ini, tidak hanya para peneliti saja yang datang, tetapi warga sekitar mulai tertarik mengunjungi tempat tersebut. Pembenahan infrastruktur juga dilakukan oleh masyarakat sekitar, terutama masyarakat dusun tempat Wisata Lava Bantal itu berada.

Di bangun tahun 2015 oleh warga dan mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Pariwisata. Lava Bantal merupakan bagian dari jalur Gunung Api Purba yang saling menyambung sampai di Gunung Api Purba Nglanggeran Pathuk Gunung Kidul. Tempat rekreasi Jogja ini masih kurang promosi karena hanya dikelola oleh masyarakat sekitar dengan seadanya.

Faktor inilah yang membuat Lava Bantal masih sepi pengunjung padahal sungai disini begitu indah dan menyejukan dilengkapi dengan pemandangan hijau di tepian sungainya. Batuan lava yang ada di sungai Opak ini terbentuk dari lelehan lava Merapi yang membeku ketika berkontak langsung dengan air dan akhirnya mengakibatkan mineralnya membentuk geometri bertumpuk tumpuk yang membuatnya terlihat seperti bantal, maka dari itu masyarakat sekitar akhirnya menyebutnya sebagai Lava Bantal.

Dulu tempat ini hanya area persawahan, sekarang sudah rata dan penuh konblok. Tak hanya itu, tempat ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai seperti lahan parkir yang luas, toilet, mushola, pendopo, dan gazebo. Pendopo ini sering dipakai oleh keluarga atau pun komunitas untuk reuni, arisan dan kegiatan lainnya. Jika menyewa pendopo juga disediakan tikar dansound system. Terdapat 5 (lima) gazebo untuk bersantai melihat aliran air sungai lengkap dengan udara yang sejuk, Gazebo menjadi tempat paling favorit pengunjung melepas lelah.

Anda mungkin juga suka...