Keasrian dan Keindahan Pohon Pinus di Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur merupakan suatu taman ataupun kawasan wisata alam di tepian atau pinggiran Danau Toba, tepatnya di desa Pearung, kec. Paranginan, Kab. Humbang Hasundutan, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Di Geosite Sipinsur ini, wisatawan bisa memandang dekat Danau Toba Memandang keelokan alam dari ketinggian memanglah sangat mengasyikan.

Mengenal Daya Tarik Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur sendiri berlokasi di Kab. Humbang Hasundutan, terletak di ketinggian 1. 213 m di atas permukaan laut, dengan luas kurang lebih 2 hektare. Geosite Sipinsur sempat mencapai juara pertama pada Ajang Pesona Indonesia( API) pada tahun 2018 kemudian yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata lokal dilihat dari vegetasi alam serta kenaturalannya.

Geosite Sipinsur berada di Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Berjarak sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit dari Bandara Silangit. Atau sekitar 240 kilometer dari Kota Medan dengan waktu tempuh 6 jam lewat Parapat.

Sipinsur Park Geosite and Pine Forest adalah tempat wisata di Pegunungan Humbang Hasundutan Sumatera Utara yang berada di ketinggian 1.213 meter diatas permukaan laut. Dengan luas sekitar 2 hektar, berudara sejuk, dan memiliki pemandangan indah Danau Toba, danau terbesar di Asia Tenggara.

Di daerah Geosite Sipinsur ada hutan pinus yang biasa digunakan buat aktivitas camping. buat kalian yang hendak melaksanakan aktivitas camping disini, kalian wajib siap dengan hawa dingin yang hendak menusukmu sampai ke tulang. Sebab udaranya dapat menggapai 17 derajat celsius, ha itu diakibatkan sebab terletak di dataran yang besar.

Kalau kamu pernah berkunjung ke Parapat di pesisir Danau Toba atau Tuk Tuk di Pulau Samosir, kamu akan mendapatkan suasana ramai wisatawan. Karena kedua tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi, terutama di hari-hari libur. Kalau lebih suka dengan suasana yang lebih sepi dan berada di ketinggian, datanglah ke Geosite Sipinsur yang lokasinya berada di sebelah Selatan Danau Toba.

Kawasan Wisata Sipinsur memang ramai di akhir pecan. Dari tempat ini kamu bisa menikmati suasana magis dan pemandangan cantik Danau Toba yang terbentuk dari letusan gunung api purba Toba. Di momen seperti itulah kamu bisa menikmati suasana alam Kaldera Toba yang benar-benar indah. Danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki panjang sekitar 100 ilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer.

Dihiasi oleh layer-layer lekuk perbukitan dan ngarai-ngarai disekitarnya. Hanya duduk-duduk menikmati pemandangan dan suasana ini saja sudah luar biasa rasanya. Tidak ada suara hiruk pikuk keramaian wisatawan, hanya ada suara kicau burung dan suara angin yang mengenai dedaunan dan batang pinus.

Kalau kamu pernah mengunjungi Hutan Pinus Mangunan di Yogyakarta atau Orchid Forest di Jawa Barat, kamu akan merasakan karakter yang sama dengan kedua tempat tersebut di Sipinsur. Sehingga dikatakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Kawasan Geosite Sipinsur bisa menjadi atraksi tersendiri yang bisa mendatangkan wisatawan milenial ke Danau Toba.

kawasan hutan pinus Geosite Sipinsur ini juga bisa berfungsi sebagai bumi perkemahan (camping ground). Tersedia juga fasilitas taman bermain untuk anak-anak. Ternyata Geosite Sipinsur ini juga ramai dikunjungi wisatawan di saat hari libur atau akhir pekan. Bahkan bisa mencapai 5 ribu kunjungan wisatawan.

Dari Geosite Sipinsur kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi lain yang tidak kalah indahnya. Setelah memandang Pulau Sibandang, kamu juga bisa mengunjungi pulau ini yang hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Pelabuhan Muara.

Anda mungkin juga suka...