Keindahan Pantai Wediombo Di GunungKidul

Sejak dulu hingga sekarang pantai-pantai Gunungkidul begitu diburu keindahannya bagi wisatawan domestik hingga mancanegara. Memiliki pesona tak kalah keren dengan pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai Wediombo Gunungkidul memiliki keunikan yakni terdapat sebuah gugusan batu karang berada di beberapa spot-spot sekitar pantai. Selain itu pantai Wediombo juga menjadi surga bagi para peselancar karena memiliki ombak yang stabil.

Mengenal Pantai Wediombo

Sesuai dengan namanya Wediombo atau “pasir yang luas”, pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan luas jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga dari lokasi parkir.

Ada juga pendapat lainnya bahwa Pantai Wediombo Layaknya terjadi pada tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga memiliki sejarah panggilan filosofis. Wediombo sendiri merupakan bahasa jawa.  Wedi berarti pasir dan ombo memiliki makna luas. Sesuai dengan namanya tersebut, pantai ini ternyata memiliki hamparan pasir putih yang luas sekaligus bersih.

Istilah wediombo sendiri merupakan nama pemberian dari nenek moyang setempat. Namun, meskipun demikian, masyarakat lokal berasumsi bahwa nama tersebut tidaklah relevan. Justru nama yang tepat untuk pantai ini ialah teluk ombo. Hal ini disesuaikan dengan keadaan gepgrafis dari pantai yang memproyeksikan diri sebagai teluk yang lebar. Belum lagi dengan adanya batu karang yang menghimpit, serta kondisi air laut yang lebih menjorok kepermukaan daratan lebih luas. Akan tetapi, nama pantai wediombo tetap telah dipatenkan

Daya tarik Pantai Wediombo

Di pantai ini terdapat banyak spot yang ditawarkan. Mulai dari hempasan laut biru dan pasir putih masih murni terjaga yang menjadi ikon, sampai dengan sensasi memancing ikan di atas bukit karang.  Selain itu, panorama pantai Wediombo lainnya ialah adanya tradisi upacara Ngalangi yang diselenggarakan secara momentual. Apabila beruntung, anda dapat menyaksikan prosesi yang menarik tersebut.

Tak banyak yang tau bahwa di deretan karang sisi selatan Wediombo terdapat laguna kecil. Laguna tersebut diapit batu-batu karang sehingga saat laut surut bisa digunakan untuk berenang. Laguna ini memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter, saat dilaguna wisatawan akan merasakan cipratan air dari ombak yang menerjang karang. Perlu diingat saat laut pasang sebaiknya tidak berenang di laguna tersebut.

Pantai Wediombo Gunungkidul Jogja layaknya sebuah teluk sehingga menjadikan ombak disini cukup stabil. Banyak yang menilai bahwa Ombak di wediombo merupakan ombak terbaik di Jogja. Maka tak heran lokasi ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pemburu ombak. Bagi wisatawan yang ingin Surfing di Jogja silahkan datang ke Wediombo dan menghubungi Wediombo Surfing Society (WOSS) yang selalu standby di lokasi. Dengan harga yang relatif murah wisatawan dapat mengikuti kelas singkat surfing selama 1,5 jam. Disana akan diajari teori dasar sekaligus praktek surfing.

Berikut Kegiatan yang dapat kamu lakukan di Pantai Wediombo :

Snorkeling

Wediombo menyediakan 2 pilihan tempat untuk melakukan snorkeling. Lokasi yang pertama terletak di sekitar pantai. Sedangkan lokasi kedua terletak agak di tengah laut. Warga biasanya menyebut terletak di “belakang ombak”. Untuk mencapai spot snorkeling Di Jogja yang kedua wisatawan harus naik kapal terlebih dulu. Wisatawan tidak harus membawa peralatan jika ingin snorkeling di tempat ini, sebab di tempat ini sudah ada penyewaan alat sekaligus kapal dan pemandu.

Memancing Ikan

Kawasan Wediombo memiliki lokasi yang menantang dengan ikan yang banyak. Pantai Wediombo ini pernah dijadikan lokasi syuting acara memancing di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Di kawasan ini banyak ikan berukuran besar. Salah satunya adalah ikan cucut yang oleh warga setempat dikenal dengan nama ikan panjo. Lokasi pemacingan terletak di bukit karang sehingga harus selalu berhati-hati.

Camping

Keistimewaan lain dari Pantai Wediombo Gunungkidul Jogja sangat cocok untuk melakukan kegiatan outbond seperti camping. Berbeda dengan kebanyakan pantai di Indonesia, Pantai ini memiliki berbagai pepohonan rindang di dekat pantai. Suasana alam nan asri sangat terasa di lokasi ini. Dengan bermalam di alam Wediombo wisatawan akan sekaligus merasakan dua sensasi alam pantai dan sejuknya pepohonan. Jika wisatawan tidak sempat membawa tenda, wisatawan bisa menyewa tenda di tempat ini.

Walaupun belum banyak tersentuh pengelolaan dari pemerintah, namun wisata Pantai Wediombo ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Dengan adanya fasilitas ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang bermalam atau camping di lokasi ini. Fasilitas Wediombo diantaranya Mushola, Toilet, Gazebo, Warung makan, Sewa Motor Trail, Sewa Tenda, Sewa Peralatan Snorkeling, Parkir luas, dan banyak lagi.

 

Anda mungkin juga suka...