Mengenal Sejarah Gua Haji Mangku Serta Daya Tarik Yang Memukau

Gua Haji Mangku menjadi salah satu destinasi wisata Kalimantan Timur. Kalimantan Timur tidak habis memiliki berbagai tempat dengan keindahan alamnya salah satunya yaitu Gua bernama Haji Mangku. Selain itu, masih banyak destinasi wisata alam yang bisa pengunjung dapatkan pada pulau Kalimantan ini.

Mengenal Gua Haji Mangku

Salah satu wisata alam populer yaitu sebuah gua bernama Haji Mangku. Gua ini merupakan sebuah gua yang berada di tebing pantai. Pemandangan sekitar destinasi wisata ini tentu bisa membuat para pengunjung terpesona.

Objek wisata Gua ini menjadi salah satu wisata alam yang cocok bagi para traveller yang menyukai tantangan. Objek wisata ini terletak pada Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasi tepatnya yaitu berada sekitar puluhan meter dari bibir Pantai Utara pulau maratua. Objek wisata Haji Mangku terkenal dengan tempatnya yang tersembunyi.

Para pengunjung melalui sebuah gua terlebih dahulu sebelum mencapai tempat wisata. Gua tersebut menjadi pintu masuk dari kolam dengan air jernih. Ketika melewati pintu gua yang berair, para wisatawan akan merasakan sensasi menyenangkan yang tiada dua. Air dalam gua ini berwarna kebiruan dan sangat jernih tetapi cukup sempit.

Apabila terlihat lebih dalam maka akan nampak seperti jurang. Walaupun lokasinya tersembunyi, rasa lelah dari pengunjung akan terbayarkan dengan sebuah pemandangan yang indah. Air dalam wisata ini berwarna kebiruan dan sangat jernih. Sehingga cocok untuk melakukan berbagai aktivitas menantang.

Sejarah Wisata Gua Haji Mangu

Sejarah Gua Haji Mangku terbentuk karena adanya proses alam yang melubangi batuan. Sehingga bisa meninggalkan jejak berupa rongga-rongga. Tidak hanya itu beberapa cerita juga menjelaskan asal dari nama gua ini. Nama Haji Mangku berasal dari sebutan masyarakat yang berasal dari masyarakat Pulau Maratua.

Tanah gua merupakan milik seorang haji yang bernama Haji Mangku. Tetapi, saat ini gua tersebut juga sering disebut sebagai Gua Halo Tabung. Para wisatawan yang memasuki gua ini bisa melakukan dua cara. Cara pertama yaitu terjun langsung dari atas gua atau masuk dari mulut gua.

Daya Tarik Wisata Gua Haji Mangu

Keindahan wisata gua memang tiada duanya. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahannya.  Objek wisata Kalimantan Timur ini akan membuat para pengunjung menikmati pemandangan yang indah.

Apalagi ketika datang pada siang hari, maka sinar matahari akan menembus dalam gua. Sehingga air dalam gua akan berwarna kebiru-biruan dan berkilau. Sehingga waktu terbaik untuk berkunjung pada objek wisata yaitu pada siang hari.

Hal itu karena akan terlihat lebih biru daripada sore hari saat matahari hampir tenggelam. Ketika siang hari cahaya matahari akan masuk dalam gua dan bisa menembus sampai bagian dalam gua sejauh tiga meter. Air akan terasa asin karena gua akan tembus sampai ke laut.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan kolam dengan melakukan snorkeling. Melakukan snorkeling dalam air yang jernih tentu bisa menjadi kepuasan sendiri. Selain snorkeling, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain yaitu melompat dari tebing atau body jumping.

Para pengunjung bisa melompat dari tebing yang ada pada sekitar kolam dengan ketinggian kurang lebih 4 meter. Kolam pada wisata ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Sehingga bagi yang akan berenang harus menggunakan jaket pelampung sebagai upaya keamanan.

Gua Haji Mangku terhadap pada tempat yang tersembunyi di tengah hutan sekat keliling pohon yang rimbun. Pengunjung akan melewati medan yang menantang untuk sampai pada tempat wisata. Para pengunjung akan melewati hutan kecil dan tracking yang sedikit terjal. Sehingga harus hati-hati supaya tetap aman.  Jika sudah melewati hutan para pengunjung akan sampai pada bibir gua yang berada di bawah. Bibir gua tersebut seperti kolam memanjang dengan air jernih berwarna kebiru-biruan.

Walaupun terasa penuh mistis tetapi pengunjung tidak perlu takut untuk berenang pada kolam tersebut. Dengan wisata yang masih alami dan keaslian sekitarnya menjadi salah satu alasan banyak wisatawan yang terus datang pada tempat ini.

Para pengunjung bisa mengunjungi wisata gua selama 24 jam setiap hari. Dengan begitu para pengunjung bisa mengatur waktu luangnya untuk menikmati keindahan gua. Tetapi, sebaiknya jangan berkunjung saat hari sudah gelap.  Apabila bermunculan saat hari sudah keindahan tempat wisata akan berkurang karena kurangnya pencahayaan. Selain itu, jalan menuju tempat wisata juga akan berkurang pencahayaannya.

Daya tarik Gua Haji Mangku menjadi salah satu alasan banyak wisatawan yang berkunjung. Keindahan sekitar yang masih alami dan air jernih berwarna kebiruan mampu menambah kesan keindahan dari objek wisata. Banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan pada tempat ini. Sehingga tidak perlu ragu lagi untuk mengunjungi wisata alam yang indah ini.

Anda mungkin juga suka...