Menikmati Wisata Kali Kuning di Jogja

Kali Kuning Merapi adalah salah satu dari banyak tempat wisata alam di sekitar Gunung Merapi. Kali Kuning memiliki daya tarik khas Gunung Merapi yang luar biasa, yang pernah menjadi topik pembicaraan nasional karena meletusnya gunung ini.

Meskipun terjadi bencana, Yogyakarta tetap menarik pengunjung. Karena banyaknya tempat wisata yang tersedia di Jogja, setiap musim liburan, kota ini selalu penuh dengan pengunjung. Wisata yang ditawarkan juga beragam. Sebagian besar pengunjung, yang berasal dari rombongan atau keluarga, dapat memilih berbagai lokasi untuk dikunjungi!

Kali Kuning

Sungai Kali Kuning berada di lereng Gunung Merapi, 10 km sebelah timur Kota Jogja. Ini adalah tempat wisata karena sungai ini mengalir di bukit-bukit di sekitar lereng Gunung Merapi.

Saat Gunung Merapi meletus beberapa tahun yang lalu, aliran sungai melalui lahar. Meskipun berasal dari pembentukan akibat bencana alam, Bukit Kali Kuning sekarang menjadi tempat yang indah dengan banyak pepohonan.

Wisata ini kini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi. Oleh karena itu, semua fasilitas dan lokasi wisata dapat dinikmati oleh pengunjung. Pengelola menjaga beberapa tanaman dan pepohonan yang tumbuh akibat letusan Gunung Merapi agar tetap lestari dan alami.

Bukit Kali Kuning memiliki mata air yang mengalir melalui sungai yang melewati beberapa wilayah, seperti Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Kalasan, dan Berbah. Dari atas bukit ini juga terlihat bukit batuan Andesit yang indah.

Dalam perjalanan menuju Bukit, setelah turun dari kendaraan, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pinus, suara gemercik aliran sungai, kesegaram udara bersih dan alami serta hijaunya tanaman-tanaman yang terdapat di lokasi ini.

Tempat wisata alam ini memiliki beberapa tanaman dan pepohonan yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain, seperti Bungan Kantung Semar, Bunga Rasamal, dan Bungan Puspa. Selain itu, ada spot foto yang dibangun tanpa merusak suasana alami dan pemandangan asli di sekitarnya.

Lokasi dan Rute

Ada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bukit Kali Kuning. Karena kondisi jalan yang baik, perjalanan terlihat cukup lancar untuk mencapai lokasi ini. Namun, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang 1 km sebelum sampai di lokasi wisata.

Dari Tugu Jogja, Anda dapat menuju tempat wisata ini dengan berjalan ke arah utara melalui Jalan Kaliurang. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Pasar Pakem ke arah timur. Jika Anda pergi ke Pasar Pakem ke arah timur, Anda akan menemukan lokasi wisatanya langsung. Anda harus berjalan kaki menuruni jalan setapak bebatuan sepanjang 1 km sebelum sampai ke lokasi. Jarak dari Kota Jogja adalah 27 km, dan butuh waktu kurang lebih lima puluh menit hingga satu jam. bergantung pada seberapa padatnya lalu lintas dan kendaraan yang digunakan.

Anda mungkin juga suka...