Nikmati Destinasi Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Keindahannya di Pantai Parangtritis Yogyakarta tidak dapat diragukan lagi. Pantai yang memiliki pasir hitam dan ombak yang cukup besar ini juga dikenal karena cerita rakyat tentang Nyi Roro Kidul.

Di balik legendanya, pantai Parangtritis selalu penuh dengan turis. Soalnya, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selain menikmati pemandangan laut lepas. Ini adalah daya tarik pantai Parangtritis yang bisa menjadi pilihan untuk aktivitas seru.

Legenda dan Daya Tarik Pantai Parangtritis

Pantai ini, yang terletak di selatan Yogyakarta, dinamakan Parangtritis karena di sana Pangeran Dipokusumo melarikan diri. Kerajaan Majapahit adalah tempat kejadian ini. Sambil bertapa di tempat itu, Pangeran Dipokusumo lari ke tepi pantai.

Dia menemukan batu karang besar dengan tetesan air mengalir dari dalamnya. Tritis berarti “menetes”, dan parang berarti “karang”. Nama “Parangtritis” berasal dari tempat ini.

Sebaliknya, pantai Parangtritis selalu dikaitkan dengan cerita Nyi Roro Kidul, putri Kerajaan Sunda yang diusir dari kerajaannya. Semua pakaian Nyi Roro Kidul berwarna hijau karena dia sangat menyukai warna hijau.

Mulai dari sini lah muncul larangan di Pantai Parangtritis menggunakan pakaian berwarna hijau. Konon kalau kita mengunjungi Pantai Parangtritis Yogyakarta menggunakan pakaian berwarna hijau, Nyi Roro Kidul akan tertarik dan akhirnya menjadikan kita pengikutnya.

Meskipun larangan ini dikenalnya hanya berlaku di area wisata Pantai Parangtritis, namun sebenarnya larangan yang sama juga ada di area wisata pantai selatan lainnya seperti di Pantai Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, hingga pantai di Jawa Timur.

Wahana Yang Bisa Dinikmati di Pantai Parangtritis

Selain bisa puas memandang hamparan laut dan merasakan hembusan angin kuat, pantai Parangtritis punya beberapa wahana menarik untuk kamu nikmati.

Kamu bisa berkeliling naik andong atau ATV. Sangat cocok untuk merasakan pengalaman main di pantai yang berbeda.

Gak jauh dari area pantai, ada Gumuk Pasir yang menawarkan keindahan pasir eksotis seperti di gurun sahara. Di sini kamu bisa berfoto, naik mobil jeep, paralayang, hingga berseluncur di pasir (sandboarding). Bahkan banyak pula yang berfoto pre-wedding di sini!

Rekomendasi Hotel Murah

Agar berkunjung ke pantai Parangtritis semakin seru, kamu bisa mencari penginapan terdekat pantai sehingga kamu bisa hemat ongkos dan tenaga saat pergi dan pulang dari pantai. Bisa langsung puas beristirahat di kamar yang nyaman, deh.

Gak perlu bingung mencarinya, karena ada RedDoorz near Parangtritis Beach yang hanya berjarak sekitar 1 km menuju pantai. Hotel nyaman ini juga dekat dengan berbagai tempat wisata lain seperti Galeria Mall dan Bukit Paralayang Watugupit.

Anda mungkin juga suka...