Stongehenge Cangkringan, Situs Misterius Menjadi Wisata Bernuasa Eropa

Saat berwisata ke banyak tempat di Jogja semuanya tak lepas dari unsur sejarah dan itu tidak ada habisnya. Selalu dibuat kagum akan kekayaan budaya dan wisata di Kota Gudeg ini. Kali ini ada destinasi yang dekat dengan gunung merapi yaitu Stonehenge Cangkringan. Stonehenge Cangkringan adalah sebuah batu raksasa yang menjadi salah satu kenangan yang di berikan oleh erupsi gunung merapi pada tahun 2010 silam.

Stonehenge Cangkringan adalah situs berupa formasi batu besar misterius yang berada di Wiltshire Inggris. Bentuknya yang ikonik membuat susunan batu ini sangat terkenal. Stonehenge Cangkringan dibangun ribuan tahun yang lalu pada zaman perunggu dan Neolitikum.

Bagi anda yang ingin mengunjungi situs tersebut tapi belum memiliki kesempatan untuk pergi ke Inggris, anda bisa datang ke Stonehenge Cangkringan Merapi di Sleman Yogyakarta. Tepatnya di dusun Petung desa Kepuharjo kecamatan Cangkringan kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski terletak sangat dekat dengan gunung Merapi yang saat ini berstatus Siaga, namun tempat wisata ini masih diperbolehkan buka karena berada di luar Kawasan Rawan Bencana yang telah ditentukan.

Daya Tarik Stonehenge Cangkringan

Tempat ini juga sangat cocok untuk para pelajar jika ingin menambah pengetahuan tentang peninggalan sejarah pada zaman purba. Stonehenge Cangkringan memang mirip speerti yang ada di luar negeri maka tak heran lagi jika banyak yang berkunjung kesini, Stonehenge di Cangkringan berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh batu raksasa sehingga anda juga bisa mengambil gambar di tengah, bisa juga di sisi lain. Tidak akan mengurangi kecantikan foto anda apalagi di dukung dengan cuaca yang sangat cerah akan lebih keren. Anda juga bisa melakukan foto prewed disini alhasil pasti makin romantis.

Stonehenge Cangkringan menawarkan wisata swafoto yang sangat instagramable dan cocok untuk wisatawan yang senang sengan spot-spot menarik. Di tempat ini pengunjung bisa menghabiskan waktu menikmati hamparan rumput dan susunan batu-batu buatan yang sangat mirip dengan Stonehenge di Inggris.

Pengelola Stonehenge Cangkringan mengatakan ukuran Stonehenge Cangkringan  dibuat dengan rasio 1 : 1 sehingga sangat menyerupai aslinya. Di lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi pemotretan seperti pre-wedding dan sebagainya.

Jika anda datang berkunjung kesini anda tidak hanya menemukan dan melihat patung manusia purba tetapi juga disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah, karena Stonehenge Cangkringan ini berdekatan dengan gunung merapi jadi ketika anda mengambil gambar makan gunung merapi akan terlihat jika tidak mendung.

Sebaiknya anda jangan berkunjung pada saat musim hujan ya karena akan membuat anda sedikit kecewa nantinya. Semakin cerah maka semakin bagus hasil foto yang dihasilkan dan makin jelas gunung merapi yang menambah kecantikan foto anda dan menambah kerennya sosial media anda.

Untuk memasuki tempat wisata ini pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah. Di dalam tempat wisata sudah dilengkapi dengan toilet dan tempat ibadah. Anda juga tidak perlu khawatir tentang tempat makan, karena di sekitar kawasan Stonehenge Cangkringan terdapat sejumlah kafe yang menjajakan makanan berat ataupun ringan. Menu makanan ringan ringannya pun sangat khas pedesaan seperti pisang goreng, tempe goreng tahu goreng dan sebagainya.

 

Anda mungkin juga suka...